You need to enable javaScript to run this app.

In House Training Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Penyusunan Modul Ajar Berbasis Literasi dan Numerasi

  • Sabtu, 21 September 2024
  • Berita
  • Dede Faturohman
  • 0 komentar
In House Training Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Penyusunan Modul Ajar Berbasis Literasi dan Numerasi

In House Training (IHT) merupakan agenda rutin setiap memulai tahun ajaran baru. IHT adalah pelatihan internal sekolah untuk meningkatkan kompetensi Pendidik dan Tenaga Pendidik. Tema IHT kali ini adalah "Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Penyusunan Modul Ajar Berbasis Literasi dan Numerasi".

Kegiatan ini sangat diperlukan untuk diberikan kepada pendidik dan tenaga kependidikan sebagai bagian pendidikan berkelanjutan. Hal ini pun sangat dibutuhkan untuk menjaga kualitas Proses Belajar Mengajar (PBM) dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka serta  untuk memaksimalkan kompetensi yang dimiliki dengan yang mereka hadapi dalam bekerja.

Hari Pertama yaitu Kamis 19 September 2024 bertempat di Aula SMP Negeri 1 Pasawahan, Kegiatan yang di Bawakan oleh Ibu Rini Anggraeni, S.Pd.I yang sekaligus bertindak sebagai moderator ini di awali dengan do'a pembukaan yang di pimpin oleh Bapak Asep Saeful Arifin, M.Pd.I.

Rangkaian kegiatan selanjutnya dilanjutkan dengan menyanyikan lagu indonesia raya dan karatagan SMPN 1 Pasawahan yang di pimpin oleh ibu Titin Kustini, S.Pd.

Kegiatan dilanjutkan dengan Sambutan dari Ibu Irma Silviani, M.Pd selaku kepala sekolah SMPN 1 Pasawahan, dalam Sambutannya beliau Mengarahkan agar bapak dan ibu guru mengikuti IHT dengan serius agar mendapatkan bekal dalam Penyusunan Modul Ajar Berbasis Literasi dan Numerasisi.

Dalam Kegiatan ini dihadiri juga oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta yaitu Bapak Dr. H. Purwanto, M.Pd, dalam sambutannya beliau menyampaikan mengenai pentingnya berliterasi, karena literasi menjadi modal yang penting bagi bangsa yang ingin maju, beliau juga menyampaikan literasi tidak hanya Membaca sebuah tulian, pada hakikatntya literasi adalah mengindra, mengolah data dan informasi dengan indra yang ada pada tubuh manusia.

Di hari pertama Peserta IHT mendapatkan materi mengenai Penyusunan Modul Ajar dari Narasumber yaitu Bapak Sopian M.Pd. Beliau merupakan salah satu Guru sekolah Negeri Di Kabupaten Purwakarta dan merupakan Narasumber dengan keahlian dan pengalaman yang sudah sangat luar biasa sehingga beliau selalu dipercaya untuk menjadi pemateri di setiap kegiatan seminar daring ataupun seminar yang dilaksanakan di sekolah yang ada di purwakarta bahkan di luar kabupaten purwakarta.

Kegiatan IHT hari kedua dilanjutkan dengan materi mengenai Penilaaian Formatif dan Sumatif dalam Kurikulum Merdeka, dimana materi ini disampaikan oleh pengawas pembina yaitu Ibu Iis Kartis, S.Pd, M.Pd.

Di akhir Kegiatan ibu Iis Kartis, S.Pd, M.Pd. selaku Pengawas Pembina SMPN 1 Pasawahan juga berpesan agar ilmu yang didapatkan hari ini bisa menjadi bekal untuk seluruh tenaga pengajar di lingkungan SMPN 1 Pasawahan sebagai bekal untuk menghadapi peserta didik di kelas dan kegiatan IHT ditutup dengan membaca hamdallah bersama-sama.

 

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

Irma Silviani, M.Pd

- Kepala Sekolah -

Assalaamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Segala puji syukur kita naikkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas limpahan rahmat, dan...

Berlangganan